Minggu, 29 September 2013

Martabak Manis Spesial

Sudah lama saya tidak meng-update blog ini. Sebenarnya banyak sekali bahan yang bisa dibagi menyangkut keseharian yang saya lalui. Paling tidak melampiaskan beban dengan menulis walau andaikan tidak ada yang mampir di blog ini. :-) Ternyata gagasan tidak kurang untuk dituangkan ke dalam tulisan, tapi memulai mengetik itu yang sering begitu malasnya.

Alih-alih cerita tentang keseharian saya belakangan ini atau cerita masa kecil, kali ini saya akan berbagi cara membuat martabak manis spesial. :-)

Martabak yang dimaksud adalah yang di wikipedia disebut martabak manis atau kue terang bulan. Saya simak, banyak juga yang sudah menulis resep martabak manis. Bahkan orang-orang bule konon banyak yang suka dengan martabak manis tersebut dan penasaran. :-)

wikipedia.com

Saya sudah pernah bahkan sering membuat martabak model tersebut bertahun-tahun lalu. Asal mulanya ketika saya menanyakan resep membuat martabak kepada pedagang langganan saya. Jangankan antusias berbagi cerita, malah pedagang martabak itu bilang dengan khas logat Minang: "Ini rahasia perusahaan. Kalau semua orang tahu, nanti banyak yang jual martabak. terus martabak saya jadi berkurang lakunya."  Walah... Padahal saya tanya cuma karena ingin tahu saja. Akhimya saya belajar sehingga saya putus hubungan dengan tukang martabak itu alias tidak pernah beli lagi walau sering mampir dan ngobrol. Ternyata gampang banget. Wajannya tidak harus kuningan yang harganya mahal itu, tapi bisa dari penggorengan berbahan besi yang bentuknya dan gagangnya persis seperti wajan teflon. Saudara yang ikut coba-coba buat, juga pakai teflon beneran yang untuk menggoreng itu. Hasilnya tidak kalah dengan yang dijual di pasar itu. Tapi jangan terlampau panas kalau pakai teflon

Inilah resepnya...

Bahan:
- 350 gram tepung terigu protein sedang;
- 50 gram tepung terigu protein tinggi;
- 2 gram atau 1/2 sendok teh Instant Yeast;
- 4 butir telur;
- 2 gram atau 1/2 sendok teh garam;
- 350 cc air; dan
- 5 gram atau 1 sendok teh soda kue.

Bahan isi:
- Margarine, susu kental manis, gula pasir, berbagai variasi seperti coklat, keju parut, tumbukan kacang tanah, dan lain-lain.

flicker.com
Cara membuat:
  1. Campur kedua jenis tepung terigu & Instant Yeast; tuang air sedikit demi sedikit sampai kalis. Istirahatkan sampai kira-kira 30 menit.
  2. Tambahkan telur (kuningnya saja supaya martabak tidak terasa keras), soda kue dan tambahkan juga durian bila ingin atau variasi rasa lain sesuai selera. Diaduk, bisa dengan mixer tangan atau mixer listrik.
  3. Panaskan cetakan/pan anti lengket yang telah diolesi mentega. Tuang adonan dan biarkan sampai permukaan berlubang.
  4. Taburi dengan gula pasir secara merata. 
  5. Tutup dan biarkan sampai matang.
  6. Angkat. Poles dengan margarine/butter. Tambahkan susu kental manis dan variasi lain yang diinginkan seperti keju parut atau tumbukan kacang tanah, coklat, dan lain-lain.
  7. Lipat menjadi setengah lingkaran. Atau buat satu loyang lagi seperti cara di atas. Tangkupkan di loyang pertama. Potong-potong.
  8. Martabak Anda siap dicicip atau dibagi buat orang-orang tercinta. :-)
flicker.com

Selamat mencoba! Mudah, bukan? :-)


Catatan:
  • di Indonesia, tepung terigu protein tinggi biasanya adalah merek Cakra Kembar dan tepung terigu protein sedang adalah merek Segitiga Biru.
  • Instant Yeast bisa dibeli di toko-toko bahan kue atau warung-warung kecil juga biasanya ada.

Yang akan datang, saya akan menulis bagaimana prospektif bisnis menjual martabak manis spesial. Keuntungannya cukup menjanjikan bagi yang berminat. InsyaAllâh. :-)

1 komentar:

Terima kasih telah sempat mampir. Jangan bosan ya.. :-)